Bagaimana Merencanakan Pelatihan SDM dengan Metode Outbound?

Bagaimana Merencanakan Pelatihan SDM dengan Metode Outbound?

Pelatihan Outbound di berbeagai dikenal dengan banyak nama yang berbeda seperti Outbound Learning, Outdoor Learning. Pembelajaran Berbasis Petualangan, Pelatihan OBT. Corporate Adventure Offsite, program Team Building, Pelatihan Pengembangan Manajemen dll. Inti dari Pelatihan Outbound didasarkan pada metodologi Pendidikan Pengalaman dan Siklus Pembelajaran Experiential. Yang terdiri dari berbagai fase pembelajaran dari pengalaman, refleksi dan pemindahan pembelajaran ke pengaturan tempat kerja. Dipandu oleh seorang fasilitator yang menggunakan metode tanya jawab atau pemrosesan yang didasarkan pada pengalaman dan perilaku yang diamati dalam kegiatan. Berikut ini adalah beberapa langkah penting dalam merencanakan program pelatihan di luar ruangan untuk perusahaan Anda

1. Identifikasi Kebutuhan dan Hasil Belajar untuk Outbound

Langkah pertama dalam pelatihan apa pun adalah mengidentifikasi kebutuhan untuk melakukan outbound. Tujuan pembelajaran harus diidentifikasi secara jelas dengan hasil yang diharapkan. Pada umumnya disarankan untuk berkonsultasi dengan Kepala Departemen bersama para peserta untuk mengetahui kebutuhan pembelajaran tersebut. Biasanya sekitar 2 tujuan Pembelajaran dapat dilaksanakan dalam satu hari (6 jam) melalui metode pelatihan di luar ruangan. Hindari menempatkan terlalu banyak tujuan dan hasil pembelajaran karena fokus pelatihan dapat hilang.

2. Identifikasi Lokasi untuk Outbound

Pelatihan Outbound membutuhkan lingkungan yang aman untuk belajar dan memberikan rasa kebersamaan kepada peserta. Lokasi yang ideal adalah lingkungan yang hijau dan tenteram yang memiliki efek terapeutik seperti kamp berbasis alam dan yang membawa peserta keluar dari zona nyaman. Pelatihan Outbound juga dilakukan secara luas di tempat-tempat seperti resor dan di ruang perjamuan. Lingkungan dapat memiliki efek besar pada pengalaman dan pembelajaran para peserta. Seperti kami dari Inti Jasa Kreatif memastikan Anda mendapatkan tempat yang tepat untuk melaksanakan Pelatihan Outbound tersebut.

3. Memilih Fasilitator Keluar

Fasilitator outbound adalah orang yang akan menyampaikan program. Penting bagi fasilitator untuk menjadi ahli dalam pendidikan pengalaman dan memiliki pengalaman yang relevan dalam memberikan program pelatihan Outbound. Fasilitator juga harus dilibatkan dalam memahami tujuan pembelajaran dan hasil program. Anda dapat memastikan satu hal tentang siapa yang akan memfasilitasi program dan menghubungi fasilitator jauh sebelumnya untuk membahas tujuan, hasil dan alur agenda pelatihan. Rasio fasilitator dengan peserta sangat penting, sementara program rekreasi dapat memiliki 1 fasilitator hingga 40 peserta, program pendidikan tidak boleh melebihi 1 fasilitator hingga 20 peserta dan program berbasis kepemimpinan mungkin memiliki rasio fasilitator terhadap 10 peserta.

5. Mempersiapkan Peserta

Keberhasilan program outbound juga akan tergantung pada keterlibatan dan partisipasi karyawan. Karena program Pelatihan Outbound mengharuskan peserta untuk terlibat, berbagi pengalaman, dan menjadikan program tersebut partisipatif. Pastikan untuk memberi tahu para peserta dalam menetapkan harapan tentang program dan pedoman untuk mempersiapkan hasil yang lebih baik.

6. Perencanaan Akhir

Pelatihan Outbond bukanlah suatu proses perbaikan cepat hanya satu kali dan para peserta mungkin perlu tindak lanjut. Harus ada kegiatan lebih lanjut atau pelatihan dengan penilaian reguler dan interval pelatihan untuk perubahan perilaku.

Anggaran yang dihabiskan untuk keluar akan lebih tinggi dari sesi pelatihan dalam kelas dan itu berbanding lurus dengan dampak keseluruhannya. Kadang-kadang perusahaan cenderung menghabiskan anggaran jumlah besar pada fasilitas resor. Dan jumlah yang sedikit untuk pelatihan itu sendiri. Dengan hanya mempekerjakan seorang pembawa acara atau pelatih tim untuk memberikan program. Dan justru hal tersebut membuat program ini menjadi tidak efektif. Jadi putuskan apakah Anda ingin melakukan program rekreasi berbasis kesenangan atau program pengembangan berbasis outbound. Yang pada akhirnya untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dan hasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Booking Paket Outbound Disini whatsapp